Rabu, 19 Desember 2012

Review Jurnal: GURU DAN PENYELENGGARAAN SEKOLAH

-->
GURU DAN PENYELENGGARAAN SEKOLAH




Oleh:


HAR YANTI YAKUB











SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SULTAN QAIMUDDIN KENDARI
TAHUN 2012



PENDAHULUAN
A.      latar belakang
Guru sebagai pelaku utama dalam kegiatan sekolah, sehingga mereka dituntut untuk mengenal tempat kerjanya yakni sekolah. Guru juga perlu memahami faktor-faktor yang langsug dan tidak langsung menunjang proses belajar mengajar. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap tugas-tugas guru adalah aspek pelayanan sekolah, yang dalam hal ini disebut administrasi. Istilah administrasi ini bukanlah dalam arti ketatausahaan atau clerical work sebagaimana yang dipahami oleh banyak orang, yakni tugas-tugas yang hanya berhubungan dengan persoalan surat-menyurat dan sejenisnya. Akan tetapi lebih dari itu, administrasi meliputi keseluruhan dari pengelolaan suatu lembaga, termasuk hal ini satuan pendidikan (sekolah).
Guru sangat terlibat dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di sekolahnya tempat ia bertugas. Baik dalam mengatasi maupun menyelesaikan masalah. Keterlibatan guru adalah secara keseluruhan (totalitas), yang tidak hanya aspek fisik-material tetapi juga melibatkan mental spritual, dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Bagi seorang guru, pemahaman tentang administrasi sangatlah penting, dari tuntutan yang mengharuskan para guru untuk lebih terkonsentrasi pada tugas-tugasnya di sekolah, sehingga tidak dijadikan  sebagai pekerjaan sambilan. Meskipun proporsionalitas keguruan dalam konteks hari ini (di Indonesia) masih menimbulkan persoalan karena tuntutan yang begitu banyak tidak diimbangi dengan imbalan atau gaji yang wajar.
Lebih lanjut para ahli keguruan memberikan pandangan dalam hubungannya dengan kegiatan administrasi di sekolah, maka seorang guru mempunyai peran sebagai berikut:
a.       Pengambilan inisiatif, pengarah, dan penilaian kegiatan pendidikan.
b.      Wakil masyarakat, yang berarti dalam lingkungan sekolah, guru menjadi anggota suatu masyarakat.
c.       Orang ahli dalam mata pelajaran.
d.      Penegak disiplin, guru harus menjaga agar tercapai suatu disiplin.
e.       Pelaksana administrasi pendidikan, disamping menjadi pengajar, guru pun bertanggungjawab akan kelancaran jalannya pendidikan dan ia harus mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan adminnistrasi.
f.       Pemimpin

B.       Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, dirumuskan beberapa masalah yaitu:
a.       Bagaimana guru dalam penyelenggaraan administrasi sekolah?
b.      Bagaimana pentingnya pemahaman administrasi bagi guru?
c.       Bagaimana keterlibatan guru dalam administrasi sekolah?

C.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penuliasan
1.      Memberikan pemahaman tentang pengetahuan administrasi kepada guru.
2.      Menjelaskan bagaimana hubungan guru dengan kegiatan administrasi di sekolah.
3.      Menjelaskan bahwa guru mempunyai peranan yang ideal dalam kegiatan di sekolah.






PEMBAHASAN
A.      Guru dan Penyelenggaraan Administrasi Sekolah
Di Indonesia pergantian demi pergantian sejarah turut mewarnai perjalanan guru, sehingga guru pada suatu zaman berbeda pada zaman yang lain. Di masa lampau, pada umumnya tugas kewajiban guru hampir seluruhnya mengenai pekerjaan mengajar saja dalam arti menyampaikan keterangan dan fakta dari buku kepada murid, member tugas dan memriksanya. Keadaan berbeda dengan masa sekarang dimana guru harus juga memperhatikan kepentingan-kepentingan sekolah, ikut serta menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi sekolah.
Administrasi dalam teori dan praktiknyaadalah sama dengan manajemen, terutama dalam fungsi-fungsinya, yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).
Di sekolah guru dituntut berpartisipasi aktif dalam semua kegiatan, khususnya dalam pengelolaan, sehingga dapat membantu pinpinan dalam mengelola sekolah. Fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) juga dijalankan oleh guru. Dengan demikian kegiatan guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga turut aktif dalam mengarahkan segala potensi yang dimiliki baik mental maupun spiritual agar tujuan dan keberhasilan yang ingin dicapai sekolah lebih mudah untuk dicapai.
Pada dasarnya administrasi adalah sebagai proses kerjasama yang merupakan kegiatan manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya untuk mencapai tujuan tertentu.

B.       Pentingnya Pemahaman Administrasi bagi Guru
Dewasa ini tugas guru tidak haya mengajar semata-mata, tetapi juga membantu kepala sekolah dalam mengelola kegiatan sekolah sehingga tujuan sekolah dapat tercapai. Di sisi yang lain, ada tanggung jawab kemasyarakatan yang melekat pada guru yang membuat ia harus senantiasa memasyarakatkan perkembangan ilmu pengetahuan dalam ragka menciptakan masyarakat yang berpengetahuan.
Guru sebagai orang yang paling mengetahui keadaan anak didik memiliki andil besar dalam menentukan keberlangsungan aktifitas sekolah yang berkualitas khususnya kegiatan pendidikan dan pengajaran. Guru berperan sebagai pengambil inisiatif, pengarah dan penilaian kegiatan pendidikan. Guru turut serta memikirkan kegiatan-kegiatan pendidikan yang direncanakan serta nilainya. Tidak hanya itu guru juga merupakan pemimpin generasi muda, penentu arah generasi muda melalui kegiatan pendidikan yang dilakukannya kepada para generasi muda di sekolah. Dengan demikian untuk memaksimalkan peran guru tersebut, maka penting bagi guru memiliki pemahaman administrasi yang cukup.
Pemahaman administrasi pengembangan kurikulum membantu dalam menerjemahkan kurikulum menjadi pegalaman belajar siswa; pemahaman tentang administrasi kesiswaan akan sangat membantu mereka dalam menjalankan tugas memproses siswa menjadi lulusan yang bermutu tinggi; pemahaman tentang pengelolaan personel membantu upaya pengembangan pribadi dan profesionalnya; pemahaman pengelolaan prasarana dan saranamembantu memperluas wawasan tentang bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan, menggunakan dan mengevaluasi prasarana dan sarana yang ada untuk dapat dimanfaatkan secara optimal; pemahaman tentang seluk beluk administrasi keuangan membantu guru menetapkan prioritas pelaksanaan tugas berdasarkan dana yang ada; pemahaman tentang hubungan sekolah dan masyarakat, membantu guru dalam menjadikan sekolah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat.

C.      Keterlibatan Guru dalam Administrasi Sekolah
Secara umum guru terlibat dalam beberapa kegiatan administrasi sekolah, sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, yaitu:

1.      Administrasi kurikulum
Sebagai orang yang paling mengerti tentang murid, guru memiliki andil besar dalam menentukan arah kurikulum dan pengembangannya yang disesuaikan dengan karakter dan kemampuan serta tingkat perkembangan siswa.
Sebagai orang yang paling mengetahui tentang kebutuhan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan murid, sewajarnya apabila guru turut aktif dalam pembinaan kurikulum sekolah utamanya memperbaiki proyek-proyek pelaksanaan kurikulum, paling tidak memberikan saran demi penyempurnaan kurikulum kepada pihak berwenang.
2.      Administrasi kesiswaan
Administrasi kesiswaan merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan degan siswa mulai dari perencanaan penerimaan siswa, pembinaan siswa selama di sekolah, sampai dengan siswa menamatkan pendidikannya.
3.      Administrasi sarana dan prasarana
Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan diperlukan fasilitas pendukung yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan orang yang paling mengetahui kesesuaian fasilitas dengan tujuan kurikulum adalah guru, sehingga guru dituntut memiliki kemampuan dalam hal ini.
4.      Administrasi personel
Semua personel pendidikan mempunyai peran penting dalam kelancaran pendidikan dan pengajaran di sekolah. Saling mengerti tentang tugas masing-masing personel aka mengarahkan kegiatan pendidikan pada tujuan yang diinginkan.
5.      Administrasi keuangan sekolah
Administrasi keuangan meliputi kegiatan perencanaan, penggunaan, pencatatan, pelaporan,  dan pertanggung jawaban dana yang dialokasikan untuk penyelenggaraan sekolah, pemahaman tentang administrasi sekolah membantu dalam memanajemen penyelenggaraan sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

6.      Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat
Hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi untuk meningkatkan kegiatan pendidikan dan mendorong minat kerja sama dalam usaha pengembangan sekolah.

PENUTUP
Pembahasan ini memberikan gambaran pentingnya penyelenggaraan administrasi sekolah melalui keterlibatan guru. Hal lain adalah bahwa tulisan ini memberikan gambaran kegitan administrasi yang dilakukan guru di sekolah.
Pembahasan ini seharusnya memberikan gambaran nyata suatu sekolah dimana guru-gurunya menyelenggarakan administrasi misalnya, sekolah A yang guru-gurunya menyelenggarakan administrasi sekolah.







Kesalahan penulisan

Halaman 46 oftimal                                        : optimal
Halaman 49 prakteknya                                  : praktiknya
Halaman 50 kesalahan tanda “titik”

2 komentar:

  1. daftar pustakanya mana admin ?

    BalasHapus
  2. Buy Titanium for Sale | TITaniumART
    Titanium is a fully functional aluminum, graphite and graphite display. It titanium ring for men is also fallout 76 black titanium lightweight. Its smooth titanium trim hair cutter construction is perfect titanium (iv) oxide for small titanium melting point children.

    BalasHapus