-->
GURU DAN
PENYELENGGARAAN SEKOLAH
Oleh:
HAR YANTI YAKUB
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
SULTAN QAIMUDDIN KENDARI
TAHUN 2012
PENDAHULUAN
A.
latar
belakang
Guru sebagai pelaku utama dalam kegiatan sekolah,
sehingga mereka dituntut untuk mengenal tempat kerjanya yakni sekolah. Guru
juga perlu memahami faktor-faktor yang langsug dan tidak langsung menunjang
proses belajar mengajar. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap
tugas-tugas guru adalah aspek pelayanan sekolah, yang dalam hal ini disebut
administrasi. Istilah administrasi ini bukanlah dalam arti ketatausahaan atau clerical work sebagaimana yang dipahami
oleh banyak orang, yakni tugas-tugas yang hanya berhubungan dengan persoalan
surat-menyurat dan sejenisnya. Akan tetapi lebih dari itu, administrasi
meliputi keseluruhan dari pengelolaan suatu lembaga, termasuk hal ini satuan
pendidikan (sekolah).
Guru sangat terlibat dalam menghadapi
masalah-masalah yang ada di sekolahnya tempat ia bertugas. Baik dalam mengatasi
maupun menyelesaikan masalah. Keterlibatan guru adalah secara keseluruhan
(totalitas), yang tidak hanya aspek fisik-material tetapi juga melibatkan
mental spritual, dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Bagi seorang guru, pemahaman tentang administrasi
sangatlah penting, dari tuntutan yang mengharuskan para guru untuk lebih
terkonsentrasi pada tugas-tugasnya di sekolah, sehingga tidak dijadikan sebagai pekerjaan sambilan. Meskipun
proporsionalitas keguruan dalam konteks hari ini (di Indonesia) masih
menimbulkan persoalan karena tuntutan yang begitu banyak tidak diimbangi dengan
imbalan atau gaji yang wajar.
Lebih lanjut para ahli keguruan memberikan pandangan
dalam hubungannya dengan kegiatan administrasi di sekolah, maka seorang guru
mempunyai peran sebagai berikut:
a. Pengambilan
inisiatif, pengarah, dan penilaian kegiatan pendidikan.
b. Wakil
masyarakat, yang berarti dalam lingkungan sekolah, guru menjadi anggota suatu
masyarakat.
c. Orang
ahli dalam mata pelajaran.
d. Penegak
disiplin, guru harus menjaga agar tercapai suatu disiplin.
e. Pelaksana
administrasi pendidikan, disamping menjadi pengajar, guru pun bertanggungjawab
akan kelancaran jalannya pendidikan dan ia harus mampu melaksanakan
kegiatan-kegiatan adminnistrasi.
f. Pemimpin
B.
Rumusan
Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, dirumuskan
beberapa masalah yaitu:
a. Bagaimana
guru dalam penyelenggaraan administrasi sekolah?
b. Bagaimana
pentingnya pemahaman administrasi bagi guru?
c. Bagaimana
keterlibatan guru dalam administrasi sekolah?
C.
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penuliasan
1. Memberikan
pemahaman tentang pengetahuan administrasi kepada guru.
2. Menjelaskan
bagaimana hubungan guru dengan kegiatan administrasi di sekolah.
3. Menjelaskan
bahwa guru mempunyai peranan yang ideal dalam kegiatan di sekolah.
PEMBAHASAN
A.
Guru
dan Penyelenggaraan Administrasi Sekolah
Di Indonesia pergantian demi pergantian sejarah
turut mewarnai perjalanan guru, sehingga guru pada suatu zaman berbeda pada
zaman yang lain. Di masa lampau, pada umumnya tugas kewajiban guru hampir seluruhnya
mengenai pekerjaan mengajar saja dalam arti menyampaikan keterangan dan fakta
dari buku kepada murid, member tugas dan memriksanya. Keadaan berbeda dengan
masa sekarang dimana guru harus juga memperhatikan kepentingan-kepentingan
sekolah, ikut serta menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi sekolah.
Administrasi dalam teori dan praktiknyaadalah sama
dengan manajemen, terutama dalam fungsi-fungsinya, yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).
Di sekolah guru dituntut berpartisipasi aktif dalam
semua kegiatan, khususnya dalam pengelolaan, sehingga dapat membantu pinpinan
dalam mengelola sekolah. Fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pelaksanaan (actuating), dan
pengawasan (controlling) juga
dijalankan oleh guru. Dengan demikian kegiatan guru tidak hanya mengajar saja
tetapi juga turut aktif dalam mengarahkan segala potensi yang dimiliki baik
mental maupun spiritual agar tujuan dan keberhasilan yang ingin dicapai sekolah
lebih mudah untuk dicapai.
Pada dasarnya administrasi adalah sebagai proses
kerjasama yang merupakan kegiatan manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya
untuk mencapai tujuan tertentu.
B.
Pentingnya
Pemahaman Administrasi bagi Guru
Dewasa ini tugas guru tidak haya mengajar
semata-mata, tetapi juga membantu kepala sekolah dalam mengelola kegiatan
sekolah sehingga tujuan sekolah dapat tercapai. Di sisi yang lain, ada tanggung
jawab kemasyarakatan yang melekat pada guru yang membuat ia harus senantiasa
memasyarakatkan perkembangan ilmu pengetahuan dalam ragka menciptakan
masyarakat yang berpengetahuan.
Guru sebagai orang yang paling mengetahui keadaan
anak didik memiliki andil besar dalam menentukan keberlangsungan aktifitas
sekolah yang berkualitas khususnya kegiatan pendidikan dan pengajaran. Guru
berperan sebagai pengambil inisiatif, pengarah dan penilaian kegiatan
pendidikan. Guru turut serta memikirkan kegiatan-kegiatan pendidikan yang
direncanakan serta nilainya. Tidak hanya itu guru juga merupakan pemimpin
generasi muda, penentu arah generasi muda melalui kegiatan pendidikan yang
dilakukannya kepada para generasi muda di sekolah. Dengan demikian untuk
memaksimalkan peran guru tersebut, maka penting bagi guru memiliki pemahaman
administrasi yang cukup.
Pemahaman administrasi pengembangan kurikulum
membantu dalam menerjemahkan kurikulum menjadi pegalaman belajar siswa;
pemahaman tentang administrasi kesiswaan akan sangat membantu mereka dalam
menjalankan tugas memproses siswa menjadi lulusan yang bermutu tinggi;
pemahaman tentang pengelolaan personel membantu upaya pengembangan pribadi dan
profesionalnya; pemahaman pengelolaan prasarana dan saranamembantu memperluas
wawasan tentang bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan, menggunakan dan
mengevaluasi prasarana dan sarana yang ada untuk dapat dimanfaatkan secara
optimal; pemahaman tentang seluk beluk administrasi keuangan membantu guru
menetapkan prioritas pelaksanaan tugas berdasarkan dana yang ada; pemahaman
tentang hubungan sekolah dan masyarakat, membantu guru dalam menjadikan sekolah
sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat.
C.
Keterlibatan
Guru dalam Administrasi Sekolah
Secara
umum guru terlibat dalam beberapa kegiatan administrasi sekolah, sebagaimana
telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, yaitu:
1.
Administrasi
kurikulum
Sebagai
orang yang paling mengerti tentang murid, guru memiliki andil besar dalam
menentukan arah kurikulum dan pengembangannya yang disesuaikan dengan karakter
dan kemampuan serta tingkat perkembangan siswa.
Sebagai
orang yang paling mengetahui tentang kebutuhan kurikulum yang sesuai dengan
perkembangan murid, sewajarnya apabila guru turut aktif dalam pembinaan
kurikulum sekolah utamanya memperbaiki proyek-proyek pelaksanaan kurikulum,
paling tidak memberikan saran demi penyempurnaan kurikulum kepada pihak
berwenang.
2.
Administrasi
kesiswaan
Administrasi
kesiswaan merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan degan siswa
mulai dari perencanaan penerimaan siswa, pembinaan siswa selama di sekolah,
sampai dengan siswa menamatkan pendidikannya.
3.
Administrasi
sarana dan prasarana
Untuk
menunjang pelaksanaan pendidikan diperlukan fasilitas pendukung yang sesuai
dengan tujuan kurikulum dan orang yang paling mengetahui kesesuaian fasilitas
dengan tujuan kurikulum adalah guru, sehingga guru dituntut memiliki kemampuan
dalam hal ini.
4.
Administrasi
personel
Semua
personel pendidikan mempunyai peran penting dalam kelancaran pendidikan dan
pengajaran di sekolah. Saling mengerti tentang tugas masing-masing personel aka
mengarahkan kegiatan pendidikan pada tujuan yang diinginkan.
5.
Administrasi
keuangan sekolah
Administrasi
keuangan meliputi kegiatan perencanaan, penggunaan, pencatatan, pelaporan, dan pertanggung jawaban dana yang
dialokasikan untuk penyelenggaraan sekolah, pemahaman tentang administrasi
sekolah membantu dalam memanajemen penyelenggaraan sekolah yang sesuai dengan
kebutuhan dan kondisi keuangan.
6.
Administrasi
hubungan sekolah dengan masyarakat
Hubungan
sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi untuk meningkatkan kegiatan
pendidikan dan mendorong minat kerja sama dalam usaha pengembangan sekolah.
PENUTUP
Pembahasan
ini memberikan gambaran pentingnya penyelenggaraan administrasi sekolah melalui
keterlibatan guru. Hal lain adalah bahwa tulisan ini memberikan gambaran
kegitan administrasi yang dilakukan guru di sekolah.
Pembahasan
ini seharusnya memberikan gambaran nyata suatu sekolah dimana guru-gurunya
menyelenggarakan administrasi misalnya, sekolah A yang guru-gurunya
menyelenggarakan administrasi sekolah.
Kesalahan penulisan
Halaman
46 oftimal :
optimal
Halaman
49 prakteknya :
praktiknya
Halaman
50 kesalahan tanda “titik”
daftar pustakanya mana admin ?
BalasHapusBuy Titanium for Sale | TITaniumART
BalasHapusTitanium is a fully functional aluminum, graphite and graphite display. It titanium ring for men is also fallout 76 black titanium lightweight. Its smooth titanium trim hair cutter construction is perfect titanium (iv) oxide for small titanium melting point children.